Terbaru=>>
Loading...

HUKUM MEMBUNUH NYAMUK DENGAN RAKET LISTRIK


MEMBUNUH NYAMUK DENGAN RAKET LISTRIK

Soal : Apa hukum menggunakan alat (raket-ed) listrik untuk memberantas serangga ? ✏Jawaban : Syaikh Ibnu Utsaimin Rohimahulloh ta'ala : "tidak apa-apa menggunakan alat tersebut karena beberapa alasan : 1. Membunuh serangga dengan alat tersebut, tidak ada padanya unsur membakar. buktinya,apabila anda meletakkan kertas diatas alat tersebut,maka kertas tadi tidak akan terbakar. 2. Orang yang menggunakan alat tersebut tidaklah bermaksud menyiksa nyamuk dan serangga dengan api. tujuannya hanyalah menghindari gangguan yang timbul dari binatang-binatang itu. sementara itu, hadits yang menyebutkan larangan menyiksa dengan api,dan ini bukanlah tindakan menyiksa dengan api,melainkan menghalau gangguannya. 3. Pada umumnya membasmi serangga-serangga tersebut tidaklah mungkin kecuali dengan alat listrik atau obat-obatan pembasmi serangga yang menebarkan aroma yang kurang sedap (dihirup-ed), dan diantara obat-obatan tersebut terkadang memudhorotkan tubuh. ✔Dan sungguh Nabi Shollallohu 'alaihi wa 'ala 'alihi wasallam dahulu pernah membakar pohon-pohon kurma Bani Nadhir, dan pohon kurma biasanya tidak kosong dari burung(yang bersarang diatasnya-ed), atau serangga-serangga atau binatang yang semisalnya.

Alih bahasa: Al Ustadz Musron hafidzahulloh

Teks Asli

من فتاوى الشيخ ابن عثيمين رحمه الله تعالى


السؤال: أحسن الله إليكم يقول السائل ما حكم استعمال الآلة لكهربائية التي تقوم بصعق الحشرات؟
   الجواب 
الشيخ : "لا بأس بها لوجهين الوجه :
١] أن صعقها ليس فيه إحراق ولكنه صعق يمتص الحياة بدليل أنك لو وضعت قرطاسة على هذه الآلة لم تحترق،
٢] أنه الواضع هذه هذا الجهاز لم يقصد تعذيب البعوض والحشرات بالنار وإنما قصد دفع أذاها والحديث نهى أن يعذب بالنار وهذا ما عذب هذا لدفع أذاها،
٣] أنه لا يمكن في الغالب القضاء على هذه الحشرات إلا بهذه الآلة،
 أو بالأدوية التي تفوح منها الرائحة الكريهة ،
وربما يتضرر الجسم منها. ولقد أحرق النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم نخل بني النضير والنخل عادةً لا يخلو من طير أو حشرة أو ما أشبه ذلك.
: فتاوى نور على الدرب

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Name/URL untuk berkomentar, Cukup masukkan Nama tanpa memasukkan apa-apa di URL